Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 1 Halaman 123 Sampai dengan Halaman 138 Subtema 2

TRIBUNSOLO.COM - Berikut ini tersaji kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD/MI tema 1 subtema 2 pembelajaran 6 halaman 123, 124, 125, 127, 128, 130, 131, 132, 134, 135, 136, 137, dan 138.

Jawaban berikut ini hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Baca juga: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 2 SD Tema 1 Halaman 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138

Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti jawaban berikut ini.

Inilah kunci jawaban buku tematik kelas 4 SD/MI tema 1 subtema 2 pembelajaran 6 halaman 123, 124, 125, 127, dan 128:

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 123

Jawab pertanyaan berikut.

1. Bagaimana pendapatmu tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni?

Jawaban: Pendapatku tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni sangat bagus dan patut dicontoh. Sebab mereka bersahabat, tanpa membedakan latar belakang budaya dan agama masing-masing.

2. Apakah kamu pernah mempunyai pengalaman bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda agama?

Jika pernah, ceritakan secara tertulis.

Jika belum pernah, tuliskan sikapmu jika suatu hari mempunyai kesempatan bekerja sama dengan teman yang berbeda agama.

Jawaban:

- Aku pernah bekerja sama dengan teman yang berbeda agama. Saat itu, kami satu kelompok untuk membuat asbak dari tanah liat. Kami mencari tanah liat bersama-sama di sawah setelah pulang sekolah. Lalu, aku yang membentuk tanah liat menjadi asbak, sedangkan temanku yang menggambar dan mewarnai asbak tersebut. Saat azan shalat Ashar berkumandang, temanku mengingatkan untuk salat.

- Aku belum pernah bekerja sama dengan teman yang berbeda agama. Jika ada kesempatan, kami akan saling berbagi tugas sama rata, tanpa membeda-bedakan agama. Aku juga akan menghargai pendapat yang diberikannya.

3. Apa yang dapat kamu pelajari dari cerita di atas?

Jawaban: Perbedaan latar belakang seperti budaya dan agama seharusnya tidak menjadi penghalang untuk bekerjasama. Dengan latar belakang yang berbeda, justru kita bisa saling melengkapi.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 124

Kamu akan mengikuti lomba Bakiak secara berkelompok.

Apakah kamu masih ingat tentang gerak dasar yang diperlukan dalam bermain Bakiak?

Diskusikan dan peragakan secara berpasangan gerak dasar tersebut!

Perhatikan kembali cara guru memperagakan gerakan dasar yang diperlukan dalam bermain Bakiak.

Sebelum berlomba, berdiskusilah dengan anggota kelompokmu untuk menentukan strategi dan gerak dasar yang harus diterapkan agar kelompokmu bisa memenangkan pertandingan.

Tulislah hasil diskusimu.

Jawaban:

Gerak dasar yang diperlukan dalam permainan Bakiak adalah jalan. Saat bermain bakiak, kita harus berjalan dengan tubuh tegak serta mengayunkan kaki dengan tegas dan bertenaga.

Untuk bermain bakiak diperlukan kerjasama anggota tim, kekompakan gerak, serta keterampilan berjalan dan mengayunkan kaki. Strategi kami untuk memenangkan pertandingan adalah teman yang memiliki tenaga yang lebih kuat, ayunan kaki yang terampil kami tempatkan di depan.

Setelah itu diikuti oleh teman yang lainnya. Untuk ayunan langkah yang pertama kami sepakati menggunakan kaki kanan. Jika ada teman yang salah langkah, kami segera mengingatkan.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 125

Ayo Berdiskusi

Setelah selesai mengikuti lomba, silakan berdiskusi kembali dengan kelompokmu tentang kerja sama yang telah dilakukan.

Tuliskan hasilnya pada kolom berikut!

Jawaban:

Kami merasa, kerja sama yang telah dilakukan kelompokku sangat berhasil. Kami berhasil mencapai garis finish dengan tepat waktu. Semua itu berkat kerja sama dan strategi yang diterapkan kelompokku. Kami kompak dalam mengayunkan kaki.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 127

Ayo Menulis

Kamu masih ingat tentang cerita 'Perbedaan Bukanlah Penghalang'?

Apa hal penting yang kamu ketahui dari cerita tersebut? Diskusikan dengan teman secara berpasangan.

Setelah itu, buatlah ringkasan tentang cerita tersebut.

Baca kembali cerita Perbedaan Bukanlah Penghalang'. Kemudian, buatlah ringkasan pada bagan berikut.

Jawaban:

Paragraf 1

Gagasan pokok: Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama

Gagasan pendukung:

- Hari Minggu ini sekolah terlihat ramai.

- Semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas.

- Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan.

- Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah.

Paragraf 2

Gagasan pokok: Hampir semua siswa di kelas Udin hadir hadir.

Gagasan pendukung:

- Edo dan Martha belum terlihat.

- Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu.

- Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas.

- Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.

Paragraf 3

Gagasan pokok: Siang hari sekolah semakin ramai.

Gagasan pendukung:

- Selesai ibadah pagi di gereja, Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah.

- Udin dan teman-teman berbagi tugas.

- Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin dan Siti menjalankan ibadahnya.

- Edo, Martha, Dayu yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas.

Ringkasan:

Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama. Pada hari Minggu, semua siswa diminta datang ke sekolah. Mereka akan menghias kelas masing-masing. Kegiatan menghias kelas dilaksanakan untuk lomba menyambut hari kemerdekaan. Udin dan teman-teman hadir di sekolah.

Hampir semua siswa di kelas Udin hadir. Namun, Edo dan Martha belum terlihat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja. Udin dan Siti mampir ke rumah Edo dan Martha. Mereka mengambil bahan hiasan kelas. Ternyata perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.

Selesai ibadah pagi di gereja, Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin dan Siti menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Ternyata perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 128

Setelah belajar hari ini, renungkanlah hal-hal berikut.

- Apa yang kamu pelajari hari ini?

Jawaban: Hari ini, saya mempelajari tentang kebersamaan dalam keberagaman agama, permainan bakiak, dan membuat ringkasan teks.

- Apa yang sudah kamu pahami dengan baik?

Jawaban: Pelajaran yang sudah saya pahami dengan baik adalah bermain bakiak dan keragaman agama.

- Apa yang masih belum kamu pahami?

Jawaban: Pelajaran yang belum saya pahami adalah membuat ringkasan.

- Apa rencanamu untuk ke depannya terkait dengan apa yang belum kamu pahami?

Jawaban: Saya akan belajar lebih tekun, mencari informasi yang lebih banyak tentang cara membuat ringkasan.

Baca juga: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 1, Halaman 2 Sampai dengan Halaman 18, Subtema 1

Inilah kunci jawaban buku tematik kelas 4 SD/MI tema 1 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 130, 131, 132, 134, 135, 136, 137, dan 138:

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 130-132

Ayo Berdiskusi

Makanan tradisional Indonesia membutuhkan waktu dalam mengolahnya. Pembuatnya pun harus ahli membuatnya. Kamu akan belajar tentang seorang ibu pembuat dodol Betawi, makanan tradisional Betawi.

Dengarkan gurumu bercerita. Tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya pada diagram yang telah disediakan.

Diskusikan dengan temanmu diagram yang kamu hasilkan.

Dengarkan kembali cerita selanjutnya dari gurumu. Lakukan hal yang sama pada diagram berikutnya.

Dodol Betawi Mak Salmah

Sebentar lagi Kota Jakarta akan berulang tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Mak Salmah menerima banyak pesanan. Mak Salmah adalah pembuat dodol tradisional betawi di kampungnya. Biasanya, ketika menyambut ulang tahun kota Jakarta banyak pertokoan yang mengadakan Festival Betawi. Makanan betawi menjadi jajanan di festival. Kerak telor, bir pletok, dan dodol betawi menjadi primadona makanan dalam menyambut dirgahayu Jakarta.

Sudah sejak seminggu yang lalu Mak Salmah bekerja keras. Ia dan beberapa ibu-ibu tetangganya membuat adonan dodol. Ketan, gula merah, gula pasir, dan santan dicampur menjadi satu. Membuat dodol betawi membutuhkan kerja sama. Tidak hanya perempuan. Laki-laki pun terlibat dalam pembuatannya. Biasanya, Mak Salmah dan ibu-ibu menyiapkan bahan, memarut kelapa, dan menumbuk beras ketan. Adonan dituang kawa, lalu diaduk hingga kental. Proses mengaduk ini dilakukan terus menerus selama 8-12 jam. Pembuatannya memang berat dan lama. Oleh karena itu, pembuatan dodol betawi membutuhkan kerja sama.

Untuk memenuhi pesanannya, Mak Salmah selalu melibatkan tetangga-tetangganya. Mak Salmah ingin rejeki yang diperolehnya dari dodol betawi tidak dirasakannya sendiri. Mak Salmah juga ingin dodol betawi selalu dikenal. Ia ingin warga di sekitarnya juga ikut melestarikan makanan tradisional milik kampung sendiri. Dodol Betawi Mak Salmah
ikut melestarikan budaya, memupuk kerja sama, serta menjalin keakraban antarwarga

Jawaban:

Paragraf 1

Gagasan Pokok: Kota Jakarta akan berulang tahun.

Gagasan Pendukung:

- Mak Salmah menerima banyak pesanan.

- Mak Salmah adalah pembuat dodol tradisional betawi di kampungnya.

- Biasanya, ketika menyambut ulang tahun kota Jakarta banyak pertokoan yang mengadakan Festival Betawi.

- Makanan betawi menjadi jajanan di festival. Kerak telor, bir pletok, dan dodol betawi menjadi primadona makanan dalam menyambut dirgahayu Jakarta.

Paragraf 2

Gagasan Pokok: Membuat dodol betawi membutuhkan kerja sama.

Gagasan Pendukung:

- Sudah sejak seminggu yang lalu, Mak Salmah bekerja keras membuat adonan dodol.

- Ia dan beberapa ibu-ibu tetangganya membuat adonan dodol.

- Ketan, gula merah, gula pasir, dan santan dicampur menjadi satu.

- Selain perempuan, laki-laki pun terlibat dalam pembuatan dodol.

- Mak Salmah dan ibu-ibu menyiapkan bahan, memarut kelapa, dan menumbuk beras ketan.

- Adonan dituang kawa, lalu diaduk hingga kental.

- Proses mengaduk ini dilakukan terus-menerus selama 8-12 jam.

Paragraf 3

Gagasan Pokok: Pembuatan dodol Betawi Mak Salmah dapat melestarikan budaya, memupuk kerja sama, dan menjalin keakraban antarwarga.

Gagasan Pendukung:

- Untuk memenuhi pesanannya, Mak Salmah selalu melibatkan tetangga-tetangganya.

- Mak Salmah ingin rejeki yang diperolehnya dari dodol betawi tidak dirasakannya sendiri.

- Mak Salmah juga ingin dodol betawi selalu dikenal. Ia ingin warga di sekitarnya juga ikut melestarikan makanan tradisional milik kampung sendiri.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 134

Ayo Menulis:

Tahukah kamu bahwa banyak sekali makanan khas daerah di negeri kita ini?

Berikut adalah beberapa contohnya. Ayo, kita kenali beberapa di antaranya!

Tabel makanan tradisonal pada buku tematik Kelas 4 SD Tema 1 halaman 133 Tabel makanan tradisonal pada buku tematik Kelas 4 SD Tema 1 halaman 133

Diskusikanlah dengan teman sekelompokmu tentang makanan tradisional yang kamu ketahui.

Sampaikan asal daerahnya, bagaimana membuatnya, dan kapan biasanya masyarakat setempat mencicipinya.

Jawaban:

Salah satu makanan tradisional dari Indonesia adalah tumpeng atau nasi tumpeng. Tumpeng berasal dari Pulau Jawa. Biasanya nasi tumpeng dimakan saat ada perayaan seperti ulang tahun, kenduri, atau untuk merayakan peristiwa penting.

Tumpeng adalah makanan berupa nasi yang disajikan dalam bentuk kerucut dan ditata bersama dengan lauk-pauknya. Olahan nasi yang dipakai umumnya berupa nasi kuning, nasi putih biasa, atau nasi uduk.

Cara membuat nasi tumpeng, pertama menyiapkan bahan-bahan seperti beras; kunyit; air; daun pandan; serai; daun salam; dan garam. Kedua, rendam beras, air, dan air kunyit lalu diamkan selama satu jam dan buang airnya.

Kemudian, didihkan air, daun pandan, serai, daun salam, dan garam. Lalu masukkan beras dan aduk sampai meresap. Setelah meresap, beras diangkat dan diukus 30 menit hingga matang.

Pernahkah kamu mencoba salah satu makanan tradisional?

Ceritakan pengalamanmu dalam bentuk tulisan. Tulisanmu dapat memuat tempat kamu makan, asal makanan tradisional, bagaimana makanan dibuat, dan siapa yang sering makan makanan tersebut.

Jawaban: Saya pernah mencoba makanan tradisional khas Indonesia. Satu di antaranya nasi tempong khas Banyuwangi, Jawa Timur.

Saat itu, aku dan keluarga liburan ke Banyuwangi dan mencicip nasi tempong. Ada banyak rumah makan di Banyuwangi yang menyajikan nasi tempong.

Nasi tempong adalah nasi dengan sambal pedas dengan paduan rasa segar tomat ranti, terasi, cabai rawit, dan jeruk sambal. Sambalnya selalu segar karena dibuat langsung begitu kita memesan makanan.

Meski pedas, kita bisa mengatur sendiri level pedas yang diinginkan. Mau yang pedasnya sedang atau pedas sekali. Nasi tempong biasanya disajikan hangat, dengan lauk yang serba gurih. Misalnya tempe, tahu, perkedel jagung, dan ikan asin.

Biasanya penjual juga menyediakan lauk yang bisa ditambah. Seperti telur dadar, cumi asin, ayam goreng, ikan laut, hingga rempeyek alias iwak peyek. Aneka sayur rebus, seperti labu siam, genjer, bayam, terong, dan kemangi melengkapi nasi tempong.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 135-136

Ayo Mencoba

Ingatkah kamu bahwa bunyi memerlukan penghantar untuk bisa terdengar? Media penghantar untuk perambatan bunyi adalah udara, zat cair, dan benda padat. Tahukah kamu sifat-sifat bunyi lainnya?

Ayo kita lakukan percobaan berikut!

Percobaan Pemantulan dan Penyerapan Bunyi

Tujuan: Memahami macam-macam bunyi pantul melalui percobaan terhadap bunyi benda-benda sederhana dalam ruangan

Alat dan bahan: Piring kaca, piring plastik, piring kaleng, gabus, dua tabung kertas, beberapa buku, dan arloji yang berdetak.

Langkah Kerja:

1. Susunlah dua baris buku dengan ketinggian yang sama.

2. Letakkan tabung-tabung di atas buku dengan hati-hati.

3. Pegang arloji di telingamu. Dengar baik-baik untuk meyakinkan bahwa kamu mendengar bunyi detak arloji.

4. Letakkan arloji ke dalam salah satu tabung. Dengarkan dari ujung tabung yang lain. Apakah kamu dapat mendengar bunyi detakan jarum arloji?

4. Minta temanmu untuk memegang piring atau benda lain di ujung tabung yang lain, seperti pada gambar. Apakah sekarang kamu dapat mendengar bunyi detakan jarum

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan percobaan.

1. Apa yang terjadi dengan gelombang bunyi pada tabung kedua jika kamu meletakkan piring kaca?

Jawaban: Yang terjadi dengan gelombang bunyi pada tabung kedua jika meletakkan piring kaca adalah suara arloji lebih keras.

2. Ketika piring kaca diganti dengan gabus yang empuk, apa yang terjadi? Jelaskan!

Jawaban: Ketika piring kaca diganti dengan gabus yang empuk, yang terjadi adalah suara menjadi lebih pelan.

3. Apa yang terjadi pada gelombang bunyi pada tabung pertama?

Jawaban: Yang terjadi pada gelombang bunyi pada tabung pertama adalah bunyi lebih keras karena bunyi dipantulkan oleh piring.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 137

Tulis laporan kegiatan percobaan tentang sifat bunyi yang baru saja kamu lakukan.

Jawaban:

Laporan Percobaan Pemantulan dan Penyerapan Bunyi

Nama Percobaan: Percobaan Pemantulan dan Penyerapan Bunyi

Tujuan Percobaan: Membuktikan bahwa bunyi dapat dipantulkan dan diserap

Alat dan Bahan: piring kaca, piring plastik, piring kaleng, gabus, dua tabung kertas, beberapa buku, dan arloji yang berdetak.

Langkah Kerja:

1. Susunlah dua baris buku dengan ketinggian yang sama.

2. Letakkan tabung-tabung di atas buku dengan hati-hati.

3. Pegang arloji di telingamu. Dengar baik-baik untuk meyakinkan bahwa kamu mendengar bunyi detak arloji.

4. Letakkan arloji ke dalam salah satu tabung. Dengarkan dari ujung tabung yang lain. Apakah kamu dapat mendengar bunyi detakan jarum arloji?

5. Minta tolong pada temanmu untuk memegang piring atau benda lain di ujung tabung yang lain, seperti pada gambar. Apakah sekarang kamu dapat mendengar bunyi detakan jarum arloji? Gelombang bunyi memantul pada piring dan merambat melalui tabung kedua di telingamu.

6. Coba ganti piring kaca dengan gabus yang empuk. Adakah perbedaannya dengan yang sebelumnya? Ketika piring kaca diganti menjadi gabus, Gabus yang empuk menyerap gelombang bunyi, sehingga kita tidak dapat mendengar bunyi arloji.

7. Apa yang terjadi pada gelombang bunyi pada tabung pertama? Gelombang bunyi merambat dari arloji menuju tabung pertama

Hasil Percobaan:

- Percobaan 1 : Bunyi yang dipantulkan pada benda yang keras (piring) akan memantul

- Percobaan 2 : Bunyi yang dipantulkan pada benda yang lunak (gabus), bunyi tidak dapat memantul atau bunyi terserap

Kesimpulan: Bunyi akan dipantulkan apabila mengenai benda keras dan diserap apabila mengenai benda yang empuk.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 138

Ayo Renungkan

- Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?

Jawaban: Yang saya pelajari dari kegiatan hari ini adalah cerita tentang Mak Salmah, membuat dodol betawi, makanan tradisional khas Indonesia, serta mengidentifikasi sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap.

- Kesulitan apa yang kamu hadapi pada pembelajaran hari ini?

Jawaban: Kesulitan apa yang kamu hadapi pada pembelajaran hari ini adalah mengidentifikasi sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap.

Disclaimer:

- Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

- Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 1 Halaman 123 Sampai dengan Halaman 138 Subtema 2"

Post a Comment